Diskon

Testimonials

alhamdulillah barang sudah diterima dengan baik. barang sesuai dengan gambar. pelayanan joos gandios - semarang
julianto
07 October
Terima kasih Tangomotor, pesanan saya Shock breaker Soluna Depan, kancing pelipit Toyota , Koil NAP Japan, Saklar Foglamp Universal sudah sampai tujuan. Tinggal di eksekusi. - Denpasar
Kaleb Wicaksana
05 October

Memasang Relay Untuk Power Window

Memasang Relay Untuk Power Window

Pernah ngalamin, pencet saklar power window tapi kok kaca naiknya pelannnn banget....lama banget rasanya kaca menutup ? padahal motor power window bagus atau baru ganti ?

sering kami mengemukan kendala seperti ini di bengkel kami,,

keluhan customer rata rata pada mobil yang sudah berusia lebih dari 5 tahun. 

Hal ini dimungkin kan terjadi karena kabel yang mengalami korosi, sehingga daya hantar berkurang sehingga motor power window tidak dapat berputar pada kecepatan maximal.

kemungkinan kedua adalah saklar power window sudah aus, sehingga kontak yang mengalirkan arus menuju power window tidak maximal.

Solusinya adalah dengan pemasangan Relay untuk Power window

Keuntungan memasang Relay pada Power Window :

  • Putaran motor power window maksimal
  • saklar power window menjadi awet
  • pemakaian daya listrik menjadi Efisien

Bagaimana cara memasang relay untuk power window tersebut ?

Kita membutuhkan 2 relay 87a (Relay kaki 5 ) 12v lengkap dengan socketnya.

kemudian kita rangkaikan dengan sedemikian hingga, 2 kabel yang tadinya ke motor power winodow masuk sebagai input relay, nanti dari relay tersebut yang akan menggerakan motor.

Secara garis besar relay akan bekerja seperti ini : 

Ketika saklar power window ditekan salah satu dari 2 kabel yang tadi menuju motor power window akan menjadi +, sedangkan yang satu tetap - (pada kondisi saklar power window tidak di tekan kedua kabel -). nah signal ini akan mengaktifkan salah satu relay power window, dan demikian sebaliknya.

Di bawah ini adalah skema pemasangan Relay untuk power window :

Skema saklar power window

 keterangan Gambar :

Relay Kiri  dan kanan susunan pin out relaynya sama : 

87 ==> ke Sumber arus +

85 ==> Ke Ground

87a ==> Ke ground

86 ==> Salah Satu Kabel asli dari saklar

30 ==> ke motor power window

Saat saklar power window belum di tekan (seperti gambar di atas),kedua kabel output dari saklar powe window menghasilkan arus - .  maka out put dari relay menuju motor power window semuanya negatif (-) sehingga motor power window tidak bergerak. Perhatikan pin output menuju motor power window adalah no 30 , pada kondisi relay tidak aktif pin no 30 pada relay terhubung dengan pin 87a sehingga menghasilkan arus negatif (-).

Sekarang perhatikan gambar di bawah ketika saklar di tekan, maka kabel dari saklar power window menghasilkan out out + pada salah satu kabel output, sedangkan kabel output satu lagi tetap negatif(  - ). Arus + dari kabel saklar tersebut mentrigger relay sebelah kiri sehingga relay tersebut aktif, pin 30  pada relay terhubung dengan pin 87  sehingga arus output menuju motor power window menjadi + pada kabel merah. sedangkan kabel output dari relay kanan tetap negatif. Maka yang terjadi adalah motor power window bergerak dan demikian Sebaliknya.

skema pemasangan relay power window

Untuk lebih jelas silahkan lihat Video animasinya :

Salam otomotif

www.tangomotor.com

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code